Home ยป 7 Manfaat Mengkonsumsi Seafood

7 Manfaat Mengkonsumsi Seafood

Olahan dari boga bahari jadi favorit banyak orang. Nggak heran kalau sekarang banyak menu-menu baru yang terbuat dari hasil laut seperti udang, kerang, ikan dan cumi-cumi. Apakah kamu salah satu pecintanya?

Selain memiliki rasa lezat yang memuaskan indra pengecap, seafood juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuhmu, lho, #Eatizen. Wah, apa saja manfaat seafood untuk kesehatan yang perlu kita ketahui? Yuk, baca artikel ini sampai habis!

Nilai Gizi Seafood

Tahu nggak sih #Eatizen? Makanan hasil laut yang kamu konsumsi sehari-hari mengandung protein, serta vitamin dan mineral yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan tubuhmu. Nggak cuma itu, seafood juga diketahui mengandung asam lemak omega-3, terutama asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexsaenoic (DHA) yang bermanfaat bagi kesehatan. 

Sebagai contoh, dikutip dari healthline.com, udang memiliki nilai gizi:

Protein: 18 gram. 

Selenium: 48% dari Recommended Dietary Intake (RDI). 

Vitamin B12: 21% dari RDI. 

Besi: 15% dari RDI. 

Fosfor: 12% dari RDI. 

Niacin: 11% dari RDI. 

Seng: 9% dari RDI. 

Magnesium: 7% dari RDI. 

Yodium.

Asam lemak omega-6 dan omega-3.

Wow, selain enak, udang juga kaya akan nutrisi ya, #Eatizen!

7 Manfaat Mengonsumsi Seafood

Setelah mengetahui kandungan nutrisi seafood, kita juga perlu tahu mengenai manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita nih, #Eatizen. Apa saja?

  1. Sebagai protein tinggi bagi tubuh

Protein sangat dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan, memperbaiki sel tubuh, membuat organ tubuh bekerja dengan baik dan menghasilkan enzim serta hormon. Oleh karena itu, penting bagi kita mengonsumsi makanan dengan kandungan protein setiap hari. Selain dari daging merah, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan protein dengan mengonsumsi seafood, seperti udang, cumi-cumi dan ikan.

  1. Kaya dengan kandungan vitamin

Beberapa jenis vitamin yang bisa kamu dapatkan dari seafood, yaitu vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta meningkatkan kualitas tidur. Vitamin B12 untuk menjaga kekebalan sel saraf, serta vitamin E untuk menjaga tubuh dari radikal bebas. Vitamin A dan D masuk dalam kategori vitamin larut air yang juga sering disebut sebagai minyak ikan.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Seafood mengandung asam lemak omega-3 yang memiliki manfaat untuk melembapkan kulit. Kadar asam eicosapentaenoic (EPA) EPA yang terdapat di dalam omega-3 dipercaya mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari, mencegah keriput, hingga memperbaiki kerusakan kulit, seperti disebutkan dalam Journal of Lipid Research tahun 2005.

  1. Kaya dengan kandungan asam lemak tak jenuh

Hasil laut seperti ikan, memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang terdiri dari omega, yodium, selenium, fluorida, zat besi, magnesium, zink, taurin, dan coenzyme.

Asam lemak tak jenuh ini bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL).

  1. Meningkatkan kinerja otak

Asam lemak omega-3 pada seafood punya ,anfaat yang besar untuk tubuh, salah satunya adalah meningkatkan kinerja otak. Hal ini terjadi karena asam omega-3 meningkatkan kadar asam eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexanoic (DHA), yang mendukung pertumbuhan otak anak. Sementara pada orang dewasa, kamdungan nutrisi dalam seafood dipercaya mampu mencegah terjadinya alzheimer dan dementia. 

  1. Menyehatkan jantung

Meningkatnya produksi kolesterol baik di dalam tubuh, membuat jantung menjadi lebih sehat. Dampaknya, tubuh jadi lebih terlindungi dari penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke. 

  1. Mencegah depresi

Kandungan asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan dipercaya bisa meningkatkan hormon dopamin dan serotonin yang dapat membuat suasana hati lebih bahagia dan mencegah depresi.

Nah, gimana #Eatizen? Ternyata makanan laut yang selama ini kita konsumsi membawa kebaikan bagi tubuh ya. Namun, walau banyak manfaatnya, pastikan untuk tak mengonsumsinya secara berlebihan ya.

Oleh
SHARE ARTIKEL INI
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Stay up to date with Eathink

Artikel Terkait

Makanan Fermentasi: Makanan Alternatif Sehat yang Bantu Kurangi Jejak Karbon
Jadi Konsumen Cerdas dengan Makan Whole Foods yang Ramah Lingkungan
Cek Kapan Saat Tepat Mengonsumsi Buah Berdasarkan Musim
Alasan Mengapa Kamu Sebaiknya Pilih Seasonal Food
Scroll to Top

Buka katalog kami dengan

Scan kode QR dengan kamera smartphone-mu.