Home ยป Cek Kapan Saat Tepat Mengonsumsi Buah Berdasarkan Musim

Cek Kapan Saat Tepat Mengonsumsi Buah Berdasarkan Musim

Saat paling tepat untuk mengonsumsi buah adalah ketika musim panennya tiba. Karena saat itulah buah-buahan sedang dalam masa terbaiknya, baik rasanya maupun nutrisinya, karena itu kamu perlu tahu apa saja buah berdasarkan musim. Dengan mengetahui buah berdasarkan musim kamu juga bisa lebih hemat saat membelinya. Dan satu lagi, kamu juga bisa membantu mengurangi sampah yang terbuang dengan mengonsumsi buah berdasarkan musim.

Tanaman, termasuk buah, memiliki karakter masing-masing. Beberapa tanaman mulai berbunga jika cocok dengan intensitas sinar matahari, suhu, dan kelembaban. Dari bunga inilah muncul buah-buahan yang dalam waktu tertentu akan siap dipanen. Buah lain mungkin berbeda lagi karakteristiknya karena memerlukan air yang banyak sehingga waktu berbunga adalah ketika memasuki musim hujan. Inilah yang menyebabkan buah memiliki musim panen berbeda-beda. Walaupun memang ada beberapa buah yang bisa berbuah sepanjang tahun, seperti pisang atau pepaya.

Berbahagialah kita tinggal di wilayah tropis seperti Indonesia yang hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Karena hampir sepanjang tahun selalu saja ada buah-buahan yang memasuki masa panen. #Eatizen bisa mendapat aneka buah-buahan dengan kualitas terbaiknya sepanjang tahun. Kenali pada bulan-bulan apa saja buah favorit kamu mulai panen.

Rambutan

Angin sangat berperan dalam penyerbukan bunga rambutan. Rambutan umumnya berbunga setelah mengalami periode tanpa hujan sekitar empat minggu. Kemudian mulai bisa dipanen tiga bulan setelahnya. Karena itu musim rambutan biasanya datang menjelang musim hujan atau pergantian musim, yaitu sekitar bulan November hingga Februari.

Durian

Pohon durian biasanya berbunga dua bulan setelah memasuki musim kemarau. Durian akan terpicu berbunga ketika mengalami stres air. Baru setelah sekitar tujuh bulan sejak berbunga, durian bisa dipanen. Karena itulah musim durian bisa berbeda di berbagai wilayah. Di Indonesia musim durian umumnya berlangsung dari September hingga Februari.

Duku

Pohon duku sangat rentan terhadap perubahan iklim. Ia tidak dapat tumbuh optimal di daerah berangin kencang. Duku bisa tumbuh dengan baik di wilayah dengan iklim basah atau agak basah dengan intensitas cahaya matahari tinggi. Pohon duku akan mulai berbunga pada sekitar bulan September dan baru akan panen tiga hingga enam bulan ke depan. Karena itu musim duku biasanya jatuh pada bulan Januari sampai Maret.

Manggis

Ada perbedaan musim panen manggis di beberapa wilayah di Indonesia. Di Jawa misalnya, musim manggis berlangsung mulai Januari hingga April. Namun di wilayah Sumatera musim panen manggis jatuh pada November hingga Desember. Karena perbedaan itulah buah manggis bisa hadir di pasaran hingga delapan bulan dalam setahun.

Sawo

Pohon sawo tahan terhadap kekeringan dan angin kencang, serta tumbuh baik di dataran rendah. Sawo sebenarnya dapat berbunga dan berbuah sepanjang tahun, namun ada musim panen raya sawo yaitu sekitar bulan Desember hingga Februari. Buah sawo juga masih bisa ditemukan pada bulan April dan Mei walaupun dalam jumlah lebih sedikit.

Mangga

Mangga baru bisa berbunga setelah lingkungan kering. Kalau di Indonesia musim kering sekitar April hingga September, maka mangga baru berbunga pada Oktober. Barulah tiga hingga empat bulan kemudian, sekitar Desember hingga Februari masuk ke dalam musim panen mangga. Namun karena beberapa daerah di Indonesia mengalami musim kering yang berbeda, perkiraan musim panen mangga pun bisa berlainan.

Itulah waktu-waktu terbaik untuk mendapatkan berbagai jenis buah lokal. Karena buah di Indonesia sangat beragam, kamu bisa sepanjang tahun menikmati buah berdasarkan musim. Nikmati banyak keuntungan dari mengonsumsi buah yang sedang musim.

Oleh
SHARE ARTIKEL INI
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Stay up to date with Eathink

Artikel Terkait

Makanan Fermentasi: Makanan Alternatif Sehat yang Bantu Kurangi Jejak Karbon
Jadi Konsumen Cerdas dengan Makan Whole Foods yang Ramah Lingkungan
Cek Kapan Saat Tepat Mengonsumsi Buah Berdasarkan Musim
Alasan Mengapa Kamu Sebaiknya Pilih Seasonal Food
Scroll to Top

Buka katalog kami dengan

Scan kode QR dengan kamera smartphone-mu.