Home ยป Coba Bikin Yuk, Makanan & Minuman Enak dari Ampas!

Coba Bikin Yuk, Makanan & Minuman Enak dari Ampas!

Hi, #Eatizen! Sudah pernah dengar belum, kalau ada makanan dan minuman yang terbuat dari ampas? Tenang, jangan dulu mengernyitkan dahi… Ampas di sini bukan sesuatu yang kotor dan menjijikan, ya. Ampas yang dimaksud di sini adalah sisa bahan makanan yang telah diambil sarinya atau patinya, seperti ampas kelapa, ampas kedelai atau bahkan juga ampas tahu.

Dengan mengolah kembali ampas dari bahan-bahan makanan, kita dapat memaksimalkan penggunaannya, mengurangi sampah dan bahkan mengurangi kelaparan. Ampas makanan dapat diolah menjadi beberapa hal, yaitu makanan, pupuk, dan bisa juga jadi pakan ternak. Bahkan, beberapa ampas makanan bisa dijadikan untuk perawatan kulit, seperti ampas kopi dan ampas rebusan teh yang bisa dijadikan masker wajah.

Nah, di artikel ini Food Sustainesia mau mengajak #Eatizen untuk coba bikin sendiri makanan dan minuman hasil olahan dari ampas bahan makanan. Mari kita coba buat minuman Wedang Uwuh yang kaya manfaat sehat dan makanan yang mungkin masih asing kalian dengar, Dendeng Jantung Pisang!

Wedang Uwuh

Bahan utama untuk membuat Wedang Uwuh ini adalah serutan kayu secang. Kayu secang ini yang akan membuat Wedang Uwuh berwarna kemerahan. Kamu bisa mendapatkan kayu secang di pasar tradisional atau di e-commerce juga sudah ada. Kayu secang ini merupakan tanaman rempah yang banyak sekali manfaat kesehatan, mulai dari mengatasi peradangan pada tubuh, mengontrol gula darah, hingga menekan pertumbuhan sel kanker.

Selain serutan kayu secang, bahan-bahan lainnya untuk membuat wedang uwuh adalah jahe, daun sereh, kayu manis, kapulaga dan gula batu sebagai bahan rasa manisnya.

Cara buatnya, pertama geprek jahe hingga pipih lalu bakar sebentar di atas api hingga sedikit kehitaman, lalu rebus hingga sari jahe keluar. Kemudian, masukkan seluruh bahan lainnya, tambahkan air secukupnya, rebus selama 15 menit hingga warna air berubah merah bata. Saring, lalu siap dihidangkan saat hangat.

Dendeng Jantung Pisang

#Eathizens pasti pernah melihat jantung pisang, kan? Sudah pernah memakannya belum? Jantung pisang sering kali dianggap tak berguna dan dibuang, padahal kaya manfaat sehat. Bisa mencegah penuaan dini, karena tinggi antioksidan. Bisa untuk mengatasi anemia dan diabetes, serta melancarkan pencernaan.

Kali ini kita bikin dendeng dari jantung pisang, yuk! Jantung pisang bisa dengan mudah kamu dibeli di pasar tradisional atau tukang sayur keliling. Untuk bikin dendeng, kita perlu bumbu tambahan lain yaitu ketumbar, bawang putih dan tepung beras.

Cara buatnya, pertama buka kulit jantung pisang hingga bertemu lapisan berwarna merah keputihan. Lalu iris-iris kecil, kemudian rebus hingga jantung pisang empuk. Tiriskan hingga tidak tersisa air rebusan.

Saat jantung pisang direbus, gerus 1 sdt ketumbar dan 3 siung bawang putih, hingga halus.

Masukkan jantung pisang, bumbu halus dan 2 sdm tepung beras ke chopper, cincang kasar. Atau kamu bisa menggunakan ulekan. Usahakan jangan diblender agar terbentuk serat seperti daging.

Lalu, masukkan jantung pisang ke sebuah loyang persegi panjang yang sudah diolesi minyak. Kukus selama 15 menit. Bila sudah, keluarkan dari loyang, potong-potong memanjang seperti memotong kue. Lalu pipihkan potongan tersebut hingga tipis, agar tampak seperti potongan daging dendeng. Kemudian, goreng hingga berwarna kecoklatan.

Agar lebih nikmat, kamu bisa tambahkan dengan bumbu balado atau jenis sambal tradisional apapun yang kamu suka.

Sudah terbayang enak dan lezatnya makanan dan minuman tadi? Ayo, segera eksekusi resepnya, ya! Murah, meriah dan menyehatkan! Selamat mencoba!

Kesimpulan

Agar kestabilan pangan dapat terwujud, kita perlu memperluas wawasan agar dapat berkreasi dengan bahan-bahan makanan. Sehingga mampu mengolah dan memanfaatkan ampas bahan makanan agar tak lantas begitu saja menjadi sampah.

Sumber:

Oleh
SHARE ARTIKEL INI
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Stay up to date with Eathink

Artikel Terkait

Makanan Fermentasi: Makanan Alternatif Sehat yang Bantu Kurangi Jejak Karbon
Jadi Konsumen Cerdas dengan Makan Whole Foods yang Ramah Lingkungan
Cek Kapan Saat Tepat Mengonsumsi Buah Berdasarkan Musim
Alasan Mengapa Kamu Sebaiknya Pilih Seasonal Food
Scroll to Top

Buka katalog kami dengan

Scan kode QR dengan kamera smartphone-mu.