Home ยป Jangan Dibuang, Yuk Upcycling Kulit Jeruk!

Jangan Dibuang, Yuk Upcycling Kulit Jeruk!

Sering makan jeruk? Eits! Jangan dibuang kulit jeruknya. Ternyata banyak olahan kulit jeruk yang bermanfaat loh. Membuat kreasi dari kulit jeruk menjadi produk yang bisa dimanfaatkan merupakan gerakan upcycling untuk mengatasi sampah makanan. 

Kenalan dulu yuk dengan istilah upcycling! Istilah upcycle atau upcycling dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan mendaur ulang tanpa mengubah bentuk sebuah produk yang sudah tidak terpakai, namun meningkatkan nilai fungsinya. Contoh kegiatan upcycling, misalnya, mengubah fungsi kaleng susu bubuk menjadi pot tanaman. Dengan kata lain, upcycling adalah proses memodifikasi barang lama menjadi barang baru dengan fungsi baru juga.

Upcycling erat kaitannya dengan isu lingkungan. Karena dengan kegiatan upcycling sebuah produk, dapat mengurangi jumlah sampah. Tapi jelas, upcycling memerlukan kreativitas.

Tak hanya barang, makanan juga bisa lho di-upcycle. Contohnya, buah jeruk. #Eatizen kalau habis makan buah jeruk, kulit jeruknya diapakan? Dibuang atau dikreasikan? Kebanyakan orang pasti membuangnya dan menganggap kulit jeruk yang sudah dikupas dari daging buahnya hanyalah sampah belaka. Padahal, kulit jeruk memiliki khasiat yang cukup banyak, lho!

Ide Membuat 9 Produk dari Kulit Jeruk

Manisan Kulit Jeruk

Kulit jeruk yang tebal, bisa di-upcycling jadi manisan? Ini dia cara untuk membuat manisan kulit jeruk. Cuci bersih kulit jeruk, lalu potong-potong memanjang. Kemudian, masukan ke dalam panci. Tambahkan air matang secukupnya, gula dan garam. Nyalakan api kompor, sedang. Aduk-aduk hingga mendidih dan kulit jeruk menjadi lunak. Jika air sudah hampir habis dan meresap. Matikan api, diamkan beberapa menit sehingga gula dan garam yang telah larut air meresap ke dalam kulit jeruk.

Sumber: https://www.aspicyperspective.com/the-easiest-candied-orange-peel-recipe/

Kemudian, angkat dan taruh di atas cooling rack hingga kering dan suhu panasnya hilang. Jika sudah, campurkan ke dalam semangkuk gula pasir hingga seluruh permukannya tertutup gula. Diamkan lagi sekitar 30 menit di suhu ruang. Kemudian simpan di wadah, dan masukkan ke dalam kulkas. Manisan kulit jeruk akan tahan 2 minggu!

Sumber: https://www.aspicyperspective.com/the-easiest-candied-orange-peel-recipe/

Perasa Alami

Kulit jeruk sudah dikeringkan, dapat diparut dan bisa menjadi tambahan perasa alami untuk berbagai jenis kue dan minuman. 

Pembasmi semut dan nyamuk

Kabar baik buat kalian yang terganggu keberadaan semut dan nyamuk. Dengan kulit jeruk, kita bisa membasminya! Kedua serangga ini tidak suka dengan aroma kulit jeruk dan senyawa limonene di dalamnya. Caranya? Keringkan kulit jeruk kemudian buat menjadi bubuk, lalu letakkan di mana nyamuk dan semut sering terlihat.

Pewangi Ruangan

Kulit jeruk juga bisa dijadikan pewangi alami ruangan.

Mencegah Mabuk Perjalanan

Hirup kulit jeruk yang segar selama perjalanan untuk menghilangkan rasa mabuk di perjalanan.

Menetralisir bau kulkas

Segarkan aroma kulkas dengan beberapa kulit jeruk yang ditaruh di mangkok dan letakkan di dalam kulkas.

Sarana belajar anak

Kulit jeruk juga bisa dijadikan sarana belajar anak yang bisa mengasah kreatifitas. Seperti contoh gambar dari Pinterest di bawah ini

Sumber: https://www.pinterest.ch/pin/496662665130310991/

Memperbesar api unggun

Mau buat api unggun yang besar, lemparkan saja kulit jeruk ke nyala api.

Essential Oil

Parutan kulit jeruk bisa menjadi essential oil dengan mencampurkannya dengan olive oil. Masukkan parutan kulit jeruk ke dalam jar dan isi olive oil secukupnya. Tutup dan kocok agar merata. Letakkan di dekat jendela agar terkena sinar matahari selama 5 hari. Setiap harinya, jangan lupa kocok jar sehingga kulit jeruk dan minyak menyatu. Setelah 5 hari, buka wadah jar, lalu saring dan tuang ke wadah baru. Essential oil ini bisa digunakan untuk masak, bikin kue, hingga lilin dan sabun mandi yang aromatik. Juga bisa juga untuk aromaterapi.

Setelah mengetahui manfaat-manfaat kulit jeruk, ada baiknya #Eatizen juga melakukan upcycle kulit jeruk seperti yang telah disebutkan di atas. Selain itu jangan lupa untuk membeli produk – produk ramah lingkungan. Selamat mencoba!

Oleh
SHARE ARTIKEL INI
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Stay up to date with Eathink

Artikel Terkait

Makanan Fermentasi: Makanan Alternatif Sehat yang Bantu Kurangi Jejak Karbon
Jadi Konsumen Cerdas dengan Makan Whole Foods yang Ramah Lingkungan
Cek Kapan Saat Tepat Mengonsumsi Buah Berdasarkan Musim
Alasan Mengapa Kamu Sebaiknya Pilih Seasonal Food
Scroll to Top

Buka katalog kami dengan

Scan kode QR dengan kamera smartphone-mu.